aaaaa

Hukum Menerima Paket dari Pengirim Yang Tidak Jelas

Baiklah topik kali ini mungkin sudah sering kita dengar bahwa ada sebagian orang pernah menerima paket dari tidak jelas asal usulnya, ditakutkan ada pihak lain yang merasa dirugikan dari paket tersebut. Tentu timbul pertanyaan di benak anda bukan, Apakah menerima paket yang tidak jelas dan kemungkinan ada berbau kriminal bisa dikategorikan pidana? Baiklah, Dalam hal ketika anda menerima kiriman paket yang tidak jelas dan kemungkinan berbau kriminal, Anda tidak akan dikenakan pidana karena hal tersebut bukanlah kesalahan Anda. Sesuai dengan asas hukum pidana, geen straf zonder schuld (tiada hukuman tanpa kesalahan), Anda tidak dapat dikenakan pidana karena tidak melakukan kesalahan apapun dengan menerima paket yang tidak Anda ketahui asal usulnya. Jika kesalahan pengiriman terjadi karena kesalahan penyelenggara jasa pelayanan pengiriman atau penyelenggara Pos, sesuai Pasal 31 UU No. 38 Tahun 2009 tentang Pos, penyelenggara pos memiliki kewajiban sebagai berikut :

1) Penyelenggara Pos wajib memberikan ganti rugi atas kerugian yang dialami oleh pengguna layanan pos akibat kelalaian dan/atau kesalahan Penyelenggara Pos.

2) Tuntutan ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku jika kehilangan atau kerusakan terjadi karena bencana alam, keadaan darurat, atau hal lain di luar kemampuan manusia.

3) Ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan oleh Penyelenggara Pos sesuai kesepakatan antara pengguna layanan pos dan Penyelenggara Pos.

4) Ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak ditanggung oleh Penyelenggara Pos apabila:

    a.kerusakan terjadi karena sifat atau keadaan barang yang dikirim; atau

    b.kerusakan terjadi karena kesalahan atau kelalaian pengguna layanan pos.

5) Tenggang waktu dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara Penyelenggara Pos dan pengguna layanan pos.

6) Barang yang hilang dan ditemukan kembali diselesaikan berdasarkan kesepakatan antara Penyelenggara Pos dan pengguna layanan pos.

Jadi, dalam hal adanya kesalahan pengiriman paket bukanlah tanggung jawab penerima, tapi dimungkinkan adalah kesalahan jasa pelayanan pengiriman atau pengirim yang salah memberikan alamat. Sekedar saran, menurut kami lebih baik Anda menghubungi pihak jasa pelayanan pengiriman atau penyelenggara pos yang mengirimkan paket tersebut kepada Anda untuk menginformasikan bahwa telah terjadi kesalahan pengiriman. Kiriman paket tersebut dapat Anda kembalikan atau diambil oleh pihak jasa pelayanan pengiriman atau penyelenggara pos untuk dapat dilakukan tindakan lebih lanjut dan mengirimkannya kepada yang berhak menerimanya.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi artikel kami lainnya terimakasih. 


Baca Juga:

Bersepeda Ada Aturannya

Jangan Takut Menghaapi Debtcollector

Bolehkah Polisi Menjadi Penagih Hutang?

Kok Bisa? Belum Cukup Umur Bisa Kredit Rumah


Belum ada Komentar untuk "Hukum Menerima Paket dari Pengirim Yang Tidak Jelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel