aaaaa

Hukum Internasional dan Hukum Dunia

Pembahasan kita kali ini cukup menarik mengenai keterkaitan keduanya Hukum Internasional dan Hukum Dunia. Bahwasanya kita mengenal hukum internasional dan hukum dunia, kedua  sistem hukum itu mengatur hubungan  hukum  dalam  masyarakat  internasional, namun  kedua  dihukum itu  tidak sama karena berbeda pangkal tolak pemikirannya.

Hukum internasional  didasarkan pada pemikiran hukum yang mengatur hubungan antara masyarakat internasional. Aktivitas manusia membutuhkan adanya peraturan, dalam  hubungan  yang melintasi batas  negara  maka  aturan yang dibutuhkan adalah hukum internasional, misalkan masalah polusi lingkungan, komunikasi dan transportasi dimana pada saat ini sangat mudah orang   mengadakan hubungan sbaik melalui   media komunikasi ataupun transportasi modern antara satu benua ke benua yang lain, pada saat ini orang membicarakan pemanasan global yang akibatnya tak akan dapat ditanggulangi oleh satu Negara saja, tetapi membutuhkan kerjasama  internasional.

Eksploitasi ruang   angkasa   diperlukan kerja sama dengan negara-negara di  dunia demikian  pula pengendalian  senjata Nuclear perlu adanya  aturan  yang disepakati oleh masyarakat internasional. Untuk itu hukum internasional adalah merupakan kebutuhan bagi masyarakat internasional. Hukum internasional terutama terwujud karena adanya perjanjian internasional  yang  melahirkan  ketentuan-ketentuan yang mengikat bagi para pihak yang  membuat  perjanjian  internasional  tersebut  sebagai  tambahan adanya  kebiasaan-kebiasaan  internasional  yang  timbul  dalam  praktek  dari pergaulan  negara-negara  yang  diterima  sebagai  hukum  dalam pergaulan mereka. Asas-asas  umum hukum (general  principles  of  law)  juga smenjadi dasar dalam hubungan negara dalam hubungan internasional.

Hukum  internasional sebagai  hukum  yang  berlaku  bagi  masyarakat internasional  yang  terutama  terdiri  dari  negara-negara  yang  berdaulat  dan merdeka. Masing-masing negara  itu berdiri sendiri dan berdaulat,suatu asas dalam  hukum  internasional  yaitu  asas  persamaan  kedaulatan  (sovereignequality)  yang  juga  dituangkan  dalam  Pasal 2 (1)  Piagam  PBB. Dalam pengertian  ini  maka  tidak  ada  negara  atau  organisasi  internasional  yang berdiri  lebih  tinggi di  atas negara, hukum yang  mengatur hubungan  antara negara-negara yang sederajat itu adalah  hukum internasional oleh karena itu hukum internasional itu bersifat koordinatif. Sedangkan pada  hukum  dunia  bertolak  pada pemikiran  bahwa ada kekuatan yang berkuasa di atas negara-negara. Hukum dunia ini kekuasaannya  meliputi negara-negara  yang  ada di dunia ini dan  hubungan hukum  antara Negara negara dan kekuasaan yang di  atas negara tersebut didasarkan adanya hierarki kekuasaan dan hubungannya bersifat subordinasi.

Demikianlah uraian singkat dari penulis, semoga bermanfaat dan saran serta kritikan kami terima sekian dan terimakasih. 

Baca Juga:

Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli

Ruang Lingkup Hukum Internasional

Mengenal Macam-Macam Sistem Hukum Di Dunia


Belum ada Komentar untuk "Hukum Internasional dan Hukum Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel