aaaaa

Apakah Anak Angkat Mendapatkan Harta Warisan?

Apa kabar para pembaca setia hukumkeadilan.com? kali ini penulis akan menjelaskan seputar hak waris, terkhusus terhadap anak yang berstatus anak angkat diluar garis keturunan orang tua angkat.

Anak angkat adalah anak yang diadopsi/dirawat secara lansung maupun secara tidak langsung dalam keluarga inti orang tua angkat, sebagaimana kita tahu pada umumnya pengangkatan anak angkat ini terjadi karena dilatar belakangi oleh banyak alasan dan argumentasi dari calon orang tua angkatnya. Bisa jadi karena pasangan suami istri belum dikaruniai keturunan atau bisa juga karena dorongan simpatik yang timbul dari hati nurani, atau mungkin ada alasan-alasan lainnya.

Pengangkatan anak dianjurkan dilakukan melalui sebuah putusan Pengadilan. Dengan menggunakan putusan Pengadilan maka dapat dijadikan sebagai bukti autentik tentang adanya pengangkatan anak. Sehingga apabila dikemudian hari terjadi sengketa tentang pengangkatan anak maupun sengketa kewarisan  maka putusan Pengadilan dapat dijadikan sebagai alat bukti.

Selanjutnya, apakah anak angkat ini berhak atas warisan yang ditinggalkan oleh orang tua angkatnya yang telah meninggal dunia?

Pada prinsipnnya Anak angkat tidak memiliki hubungan darah dengan orangtua angkatnya, sehingga Pengangkatan anak tidak membawa akibat hukum dalam hal hubungan darah, dikarenakan tidak adanya hubungan darah maka anak angkat tersebut tidak berhak atas semua harta warisan peninggalan orang tua angkatnya karena ia bukanlah seorang ahli waris, hal ini sebagaimana telah diatur dalam pasal 174 Kompilasi Hukum Islam.

Namun anak angkat bisa mendapatkan harta peninggalan orang tua angkatnya berdasarkan ketentuan pasal 209 KHI yaitu mendapatkan wasiat wajibat. Apa “Wasiat Wajibat” itu? Yaitu seseorang dianggap menurut hukum telah menerima wasiat meskipun tidak ada wasiat secara nayata. Anggapan hukum ini lahir dari asas apabila dalam suatu hal hukum telah menetapkan harus berwasiat, maka ada atau tidak ada wasiat tersebut dibuat, wasiat itu dianggap ada dengan sendirinya. Dan jumlah harta warisan yang dapat anak angkat terima tidak melebihi 1/3 harta peninggalan orang tua angkatnya.

Maka dari itu bagi para orang tua angkat alangkah baiknya untuk antisipasi dimasa akan datang untuk membuat wasiat terkait penjabaran diatas, anak angkat tetaplah anak angkat, dan Anak angkat memang tidak memiliki hubungan darah dengan orangtua angkatnya namun ia berhak untuk mendapatkan kasih sayang seperti anak kandung, mendapatkan nafkah, mendapatkan pendidikan yang layak dan hak untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan kehidupan, baik itu semasa hidup bersama dengan orang tua angkat ataupun ketika orang tua angkat telah tiada.

Demikian semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita, terimakasih.


Baca Juga:

Hak Asuh Anak Ketika Orang Tua Bercerai

Pengertian Dan Tujuan Pernikahan

Putusnya Pernikahan Karena Murtad

Tak Memberikan Nafkah Suami Bisa Diperkarakan

Ahli Waris

Belum ada Komentar untuk "Apakah Anak Angkat Mendapatkan Harta Warisan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel