aaaaa

Kiat-Kiat Sebelum Ujian Profesi Advokat

Hai guys, ketika kamu telah melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), tentunya yang paling ditunggu adalah jadwal pelaksanaan ujian profesi advokat kan?, nah sebelum kamu menghadapi ujian profesi advokat tersebut tentunya kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan bekal ilmu. Dan berikut ini penulis mencoba memberikan kiat-kiat untuk sukses dalam ujiannya ya:

Baca Juga: Prosedur Awal Untuk Menjadi Advokat-PKPA

Kiat Sebelum Ujian

Pertama, sebelum ujian  tentunya calon peserta harus belajar serta mengulang-ulang materi  pembelajaran  saat pelaksanaan PKPA sebelumnya. Penulis sarankan belajarlah paling singkat 2 (dua) bulan sebelum menghadapi ujian, untuk menghindari system belajar kebut semalam.

Ke dua, buatlah target setiap minggu untuk menguasai setiap bidang pelajaran, seperti Hukum Pidana, Perdata, Hukum Tata Usaha Negara, Dan bidang hukum lainnya

Ke tiga, carilah teman untuk belajar bersama, untuk dapat mengetes kemampuan kamu dalam menjawab soal, atau dapat juga membeli buku bimbingan untuk ujian advokat, yang biasanya sudah tersedia contoh soal-soal yang sekiranya soal tersebut berkemungkinan muncul pada soal ujian nantinya.

Ke empat, wajib kita memahi dan menghafalka kerangka dan komponen wajib dalam pembuatan surat kuasa khusus dan gugatan.

Ke lima, lakukan latihan untuk membuat surat kuasa khusus serta surat gugatan tersebut, dan cobalah berlatih membuatnya dengan batas waktu maksimal lima puluh menit dan tidak lebih, dikarenakan dalam ujian nanti ada soal yang pengerjaannya dibatasi oleh waktu.

Kiat Saat Pendaftaran Ujian

  1. Isilah dengan lengkap formulir pendaftaran ujian dengan tulisan jelas
  2. Siapkan bukti pembayaran biaya pendaftaran asli dan fotokopinya/salinannya, Salinan nantinya sebagai pegangan peserta
  3. Siapkan pas foto 2x3, 3x4 dan 4x6 masing-masing 4 lembar
  4. Siapkan sertifikat PKPA asli dan foto kopinya
  5. Lalu ada baiknya peserta mengecek lokasi tempat yang nantinya akan menjadi lokasi ujian beberapa hari sebelumnya, untuk menjadi pedoman memperhitungkan waktu serta jarak yang akan ditempuh disaat jadwal/hari pelaksanaan ujian.
  6. Mempersiapkan alat tulis seperti pensil 2B, pulpen, penghapus/tipe-x dan papan ujian
  7. Persiapkan KTP asli dan kartu ujian ketika pelaksanaan ujian.

Kiat Ketika Pelaksanaan Ujian  

  1. Pada umumnya pelaksanaan ujian ini dilakukan dipagi hari, maka disarankan kepada peserta ujian untuk sarapan terlebih dahulu untuk menjaga konsentrasi saat ujian berlangsung.
  2. Sebaiknya datanglah lebih awal dari waktu pelaksanaan ujian sekurang-kurangnya 1 (satu jam) lebih awal. Karena anda pasti membutuhkan waktu untuk mengetahui kelas anda ketika pelaksanaan ujian.
  3. Membaca Doa sebelum menghadapi ujian
  4. Saat ujian dimulai pastikan kolom identitas peserta pada kertas jawaban terisi seluruhnya
  5. Mulailah dengan membaca soal-soal dengan hati-hati
  6. Bila berhadapan dengan pilihan ganda yang menurut anda sulit,  jangan terhenti pada soal tersebut. Berpindahlah pada soal pilihan ganda yang lain yang menurut anda lebih mudah.
  7. Hindari untuk berbicara atau berdiskusi dengan peserta yang lain, bisa jadi anda nantinya ditandai dan dicatat oleh pengawas ujian, dan menganggap anda melakukan pelanggaran ujian.
  8. Ketika anda menghadapi soalan esai, maka bacalah soal tersebut dengan hati-hati untuk memastikan dan menentukan objek gugatan, apakah ia termasuk wanprestasi atau PMH, siapakah pihak yang dirugikan, siapa penggugat dan siapa yang menjadi tergugat, dan berapa nilai kerugian.

Kiat Setelah Selesai Ujian

Kamu harus mencari tahu tentang berapa lama hasil ujian ini akan diumumkan, dan kapan waktu pengumumannya, serta mulailah mencari tempat magang bagi yang belum pernah magang. Lalu pastikan anda tetap memegang kartu ujian untuk pengambilan hasil kelulusan anda nantinya di kantor PERADI.

Demikianlah kiat-kiat  untuk sukses ujian profesi  advokat, semoga bermanfaat. Semoga lulus. Aamiin.    


Ref: Panduan Lulus Ujian Profesi Advokat, Tim Visi Adiwidya, Transmedia Pustaka, Jakarta, 2014


Baca Juga:

Advokat

Ujian Profesi Advokat

8 Teknik Wawancara Dengan Klien





Belum ada Komentar untuk "Kiat-Kiat Sebelum Ujian Profesi Advokat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel