Unsur-Unsur Negara

Menurut Prof. Mahfud MD suatu negara bisa diakui sebagai sebuah negara setidaknya harus memenuhi 3 unsur penting, yaitu pemerintahan, rakyat, dan wilayah tertentu, ini disebut sebagai unsur konstitutif.

Selain itu harus memenuhi unsur deklaratif yaitu adanya pengakuan dari negara lain/dunia internasional 

RAKYAT

Rakyat adalah hal yang paling mutlak dalam pembentukkan suatu negara, ia adalah sekumpulan manusia yang memiliki rasa persamaan yang sama mendiami suatu daerah/wilayah tertentu.

WILAYAH

Secara umum wilayah sebuah negara mencakup daratan, perairan dan udara. dan merupakan unsur yang harus terpenuhi secara mutlak, karena tidak mungkin suatu negara tidak memiliki batas-batas teritorial wilayah/negaranya.


PEMERINTAHAN

Sebuah alat perlengkapan negara untuk memimpin organisasi negara dengan tujuan bersama dalam pendirian sebuah negara. yang nantinya akan menetapkan aturan serta arah haluan negara, juga menentukan sistem pemerintahan yang akan diciptakan.


PENGAKUAN NEGARA LAIN

Tujuannya untuk menerangkan bahwa mengenai adanya sebuah negara. sehingga sifatnya tidaklah mutlak dalam sebuah unsur-unsur sebuah negara.

Sehingga dengan terpenuhinya unsur-unsur sebuah negara maka dengan sendirinya akan terbentuknya sebuah negara yang berdaulat.

Demikian, semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Unsur-Unsur Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel